3 jenis kacang penghalau stres

Vikka Style, Stres bisa disebabkan banyak hal. Mulai dari tekanan pekerjaan, masalah keluarga, dan masalah dengan pasangan. Bahkan kemacetan yang mendera Anda setiap hari juga bisa membuat stres. Faktanya, stres dan tekanan hidup hampir dialami oleh semua orang.

Ketika stres, ada bagian otak yang disebut sebagai hipotalamus memicu pelepasan hormon adrenalin dan kortisol. Adrenalin meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, sedangkan kortisol menaikkan gula darah.

Penelitian mengatakan, stres mengakibatkan beberapa efek yang berdampak pada kesehatan mental dan fisik. Seperti dilansir WebMD, stres bisa mengakibatkan banyak hal seperti di bawah ini.

Gangguan ketahanan tubuh

Stres kronis dapat menghambat kerja sistem imun. Akibatnya, risiko kanker dan masalah kesehatan lainnya akan meningkat.

Masalah berat badan

Stres bisa membuat Anda memiliki nafsu makan berlebihan. Pola makan yang tidak terkendali ini bisa membuat berat badan bertambah. Padahal kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko diabetes, kanker, penyakit jantung, dan depresi.

Depresi dan kecemasan

Depresi timbul akibat stres yang tidak diatasi. Sebab, stres memiliki dampak langsung dan nyata pada kesehatan mental.

Kulit lebih cepat menua dan rambut rontok

Femina menulis, saat stres maka tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat menguraikan kolagen serta menyebabkan kadar air pada kulit berkurang. Lalu, muncullah garis halus. Kerontokan rambut juga sering terjadi akibat stres.

Kacang anti stres

Tentu Anda tidak ingin mengalami hal-hal di atas bukan? Untuk mengatasi stres ada banyak cara yang bisa Anda lakukan.

Daily mail menulis, pertama Anda harus mencari tahu penyebab stres dan segera atasi. Kemudian cobalah untuk melakukan hal yang disukai. Atau mengambil waktu sejenak keluar dari rutinitas juga disarankan.

Anda juga dianjurkan untuk ngemil. Sebab, ada hubungan antara usus dan otak besar. Usus adalah mediator utama yang merespons stres. Hal ini dikatakan oleh Dr. Drew Ramsey, asisten profesor klinis psikiatri di Columbia University College of Physicians & Surgeons dan penulis The Happiness Diet kepada The Huffington Post.

WomenHealth, melansir camilan sehat yang bisa membantu Anda menurunkan risiko stres. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan.

Ada 3 jenis kacang yang direkomendasikan untuk Anda konsumsi. Yaitu almond, pistachio, dan kenari yang bisa membuat tubuh lebih rileks.

Almond, segenggam kacang almond memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E yang tinggi. Seperempat cangkir kacang almond setiap hari sudah bisa membantu meringankan beban pikiran yang membuat stres.

Kacang pistachio dan kacang kenari yang bisa membantu menjaga fungsi kerja jantung agar tetap berdetak normal saat stres. Anda bisa mengonsumsi langsung segenggam kacang pistachio bisa dimakan langsung atau ditambahkan dalam makanan olahan.

Tambahkan kacang pistachio dan kacang kenari pada salad, sereal dan oatmeal. Rasanya enak dan membuat Anda merasa lebih tenang.

Tapi jangan lupakan juga untuk melakukan gerakkan fisik. Sebab, menurut Frank Lupin, MS, ATC, PES, pelatih atletik bersertifikat, ketika Anda berolahraga, tubuh akan melepaskan endorfin yang merupakan hormon yang melawan stres.

Comments

Popular posts from this blog

Philosophy of Borobudur

Mengajari bayi makan sendiri

Cegah bau apek pada pakaian saat musim hujan