Hindari hal ini saat mencuci, agar pakaian tak melar

Vikka Style, Bagaimana mencuci pakaian agar tidak melar?  Beberapa bahan pakaian, perlu mendapat perawatan khusus, baik dalam pencucian maupun perawatan. Namun, seringkali kita tidak terlalu memerhatikannya sehingga tidak jarang beberapa pakaian baru sudah rusak dan melar dalam hitungan minggu atau bahkan hari.

Beberapa jenis pakaian yang harus diperhatikan cara pencuciannya adalah sweater, knit wear, dan baju hangat yang terbuat dari wool. Apakah Anda mencuci pakaian tersebut seperti mencuci pakaian Anda yang lain? Jika ya, coba perhatikan, pasti pakaian Anda sudah mengalami perubahan, menjadi lebih melar.

Sweater, knit wear, dan pakaian yang terbuat dari bahan wool merupakan jenis pakaian yang mudah melar. Saat mencuci, hindari memerasnya terlalu kencang karena akan merusak bahan dan membuatnya melar. Memang gampang-gampang susah membersihkan pakaian jenis ini, sebaiknya hindari pengeringan dengan mesin cuci dan juga tidak boleh diperas terlalu kencang.

Pengeringan dengan metode dijemur di bawah sinar matahari secara langsung merupakan pilihan terbaik untuk mengeringkan jenis pakaian tersebut. Namun, lagi-lagi ada catatan khusus saat Anda akan menjemurnya.

Hindari menggantung pakaian dalam keadaan basah saat menjemur. Kandungan air dalam bahan akan membuat bagian bawah baju menjadi berat dan secara otomatis baju akan tertarik ke bawah. Alhasil, tentu Anda harus menerima konsekuensi baju menjadi melar.

Saat menjemur, sebaiknya lebarkan dan letakkan pakaian-pakaian tersebut di atas permukaan datar di bawah sinar matahari langung. Dengan demikian, pakaian akan kering secara merata tanpa harus melar di bagian bawah karena kandungan air yang memberatkan bagian bawah pakaian.

Tak hanya dari segi pencucian, saat menyimpan sebaiknya juga hindari menggantungnya di lemari pakaian. Terlalu lama menggantung pakaian akan membuat jejak gantungan baju tertinggal pada pakaian. Cara terbaik untuk menyimpannya di dalam lemari adalah dengan melipatnya.

Comments

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Popular posts from this blog

Philosophy of Borobudur

Mengajari bayi makan sendiri

Cegah bau apek pada pakaian saat musim hujan