4 kebiasaan buruk yang membuat Anda terlihat tua

Vikka Style, Dulu, masa kuliah, Anda bisa hidup seenaknya. Makan dan minum apa saja yang Anda mau, begadang dan mengobrol dengan teman hingga larut malam. Bahkan hingga pagi hari. Meski hidup "sembarangan" rasanya tubuh tetap fit.

Ketika Anda menua, daya tahan tubuh pun berubah. Mungkin Anda lelah bila tak tidur semalaman. Anda juga harus mengontrol asupan makanan dan menerapkan gaya hidup sehat agar tetap bugar.

Masalahnya Anda mungkin lupa ada kebiasaan buruk yang bisa membuat terlihat lebih tua. Inilah empat kebiasaan itu, seperti dilansir Elite Daily.

Kurang tidur

Secangkir kopi pada pagi hari tak bisa menggantikan waktu tidur Anda. Apalagi mempengaruhi penampilan. Mata berkantung, wajah kuyu. Bahkan bila sering kurang tidur, ada lingkaran hitam di mata, kulit juga keriput.

Kok bisa? Saat Anda kurang tidur, tubuh melepaskan kortisol, hormon yang berhubungan dengan stres. Ketika sistem tubuh Anda memiliki banyak kortisol maka mempengaruhi kehalusan dan kekenyalan kulit.

Nah, bila tidur Anda cukup. Tubuh akan melepaskan hormon yang bisa membuat kulit lebih tebal dan memperkuat tulang. Tanpa tidur yang cukup, kulit, mata dan wajah Anda akan terlihat lebih tua dari umur Anda.

Menurut artikel di WebMD, kurang tidur juga bisa menyebabkan berat badan bertambah, membuat mudah lupa dan menyebabkan darah tinggi.

Makanan tidak sehat

Gula dan garam termasuk makanan tidak sehat bila dikonsumsi berlebihan. Tak heran ada diet Mayo yang mengurangi konsumsi garam dan gula.

Femina melansir, gula adalah zat yang menyebabkan tubuh memproduksi hormon insulin tinggi. Tubuh memproduksi insulin agar gula dapat masuk ke sel tubuh. Ibarat kunci dan gembok, insulin adalah kunci yang membuka gembok agar gula dapat masuk.

Apabila tubuh dipaksa terus-menerus menerima gula, maka fungsi insulin berkurang. Akibatnya, kita bisa kegemukan, menderita diabetes, penyakit jantung koroner, hipertensi dan stroke.

Alkohol

Alkohol membuat Anda terlihat lebih tua. Terlaku banyak mengonsumsi alkohol akan merusak hati, ketika hati Anda rusak maka racun-racun akan tumbuh di hati dan menyebabkan masalah kesehatan kulit, seperti kerutan dan jerawat.

Selain merusak hati, Alkohol juga bisa mengganggu air dalam tubuh. Akibatnya timbulnya kantung mata seperti kurang tidur. Terlalu banyak alkohol juga bisa membuat sakit kepala, lemas, mual dan tidak enak badan.

Rokok

Sebagian besar orang tahu rokok bisa menyebabkan kanker, namun tidak sadar efeknya buat kulit. Merokok bisa membuat kulit menua lebih cepat.

Rokok dan tembakau membuat kerutan di sekitar leher dan mulut. Merokok mengurangi oksigen buat kulit dan menghambat sirkulasi darah.

Comments

Popular posts from this blog

Philosophy of Borobudur

Mengajari bayi makan sendiri

Cegah bau apek pada pakaian saat musim hujan