Minum teh menguatkan tulang wanita

Vikka Style, Teh dimana-mana memang merupakan minuman populer, hanya dikalahkan oleh air putih sebagai cairan yang paling banyak diminum manusia. Selain sebagai pemuas dahaga, para peneliti menyimpulkan bahwa minum tiga gelas teh per hari akan memperkuat tulang.

Elemen ajaib yang disebut flavonoids ada di dalam teh hitam dan bisa memerangi osteoporosis. Selain itu, seperti disebutkan dalam riset yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, teh juga mampu menurunkan risiko retak tulang dan penyakit tulang lainnya seperti keroposan tulang dan kerapuhan tulang.

Osteoporosis telah memengaruhi kehidupan banyak orang dan sekitar 3 juta orang sekarang sedang mencari pengobatan yang efektif untuk penyakit ini. Terobosan yang mencengangkan ternyata didapatkan para ahli saat menggunakan teh sebagai terapi yang membantu agar tulang semakin kuat.

Riset yang dilakukan di Sir Charles Gairdner Hospital di Perth, Royal Perth Hospital dan Flinders University di Australia menyebutkan bahwa teh bisa memperbaiki kepadatan tulang. Dalam melakukan penelitian ini, sebanyak 1.200 orang diamati selama sekitar sepuluh tahun. Wanita dipantau dan diuji apakah mereka menderita kerapuhan tulang akibat osteoporosis. Hasilnya ternyata 288 wanita mengalami patah tulang dan retak tulang panggul.

Ternyata wanita yang minum tiga gelas atau lebih teh setiap hari 30 persen lebih sedikit mengalami insiden patah tulang dibandingkan mereka yang hanya minum satu gelas per hari.

DailyMail mengklaim "ada sekitar 75 ribu kejadian patah tulang di Inggris setiap tahun yang menghabiskan biaya sekitar Rp41 miliar". Patah tulang itu lazim terjadi pada kaum wanita karena memang mereka berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis. Namun, minum teh setiap hari dapat membantu wanita untuk menurunkan risiko tersebut hingga sembilan persen.

Menurut Dr Jonathan Hodgson dari University of Western Australia, seperti dilansir Express,"Ada peningkatan minat terhadap peran makanan dalam osteoporosis dan pencegahan patah tulang. Ada bukti bahwa makanan yang kaya flavonoids - seperti buah-buahan, sayuran dan teh - bisa menyebabkan tulang kuat dan mencegah patah tulang."

Comments

Popular posts from this blog

Philosophy of Borobudur

Mengajari bayi makan sendiri

Cegah bau apek pada pakaian saat musim hujan