Burger tanpa roti yang wajib cicip

Vikka Style, Anda mungkin masih ingat dengan cronut. Perkawinan silang antara croissant, jenis kue yang memiliki lapisan-lapisan renyah, dan Doughnut (donat) yang dikenal sebagai roti dengan lubang di tengahnya. Proses ini menghasilkan jenis kue baru bernama cronut, yang hit di 2013 lalu.

Beberapa jenama makanan terkenal juga sempat mengeluarkan produk gabungan antara makanan produknya dengan makanan lain. Chips Ahoy pernah mengeluarkan varian cookies cokelat khasnya dengan isi brownies.

Di Indonesia, Pizza Hut baru-baru ini menawarkan pizza dengan rasa burger keju. Isian dari burger keju seperti daging giling yang telah diolah, bawang bombay hingga keju cheddar ditabur di atas roti pizza.

Padahal, burger sendiri juga sudah mengalami banyak perubahan. Kini bahkan sudah banyak restoran yang mengganti roti burger dengan bahan lain karena berbagai alasan. Beberapa burger tanpa roti ini misalnya adalah:

Burger Waffle


Waffle dikenal sebagai kudapan manis yang biasanya disajikan dengan es krim atau sirup gula. Tapi di Zucker Waffle, Anda bisa menyantap waffle dengan isian mirip burger.

Nissi de Fretes, pemilik tempat makan waffle yang terletak di Blok M dan Bintaro ini menuturkan kepada Beritagar.ID bahwa ide awal mendirikan Zucker Waffle muncul karena ia ingin memberitahukan kepada konsumen bahwa waffle bukan saja dapat disajikan manis namun juga gurih. Ide ini yang membawanya mengkreasikan waffle sebagai ganti roti burger.


Keharuman Belgian Liege waffle yang diolah dengan rempah, bawang putih berpadu dengan potongan daging sapi panggang yang lembut, tomat, selada, telur dan dibaluri dengan saus khas Zucker Waffle sehingga menciptakan rasa baru yang unik dan layak dicicipi.

Burger nasi


Burger nasi, seperti dilansir Refinery29, disebut juga sebagai sushi burger karena biasanya nasi yang digunakan adalah nasi untuk sushi yang lebih lekat.

Rasa nasi yang cenderung tawar dengan sedikit rasa manis dianggap sempurna untuk dipadukan dengan isian burger. Malah, burger nasi bisa diisi dengan lebih banyak lagi ragam makanan. Mulai dari isian biasa seperti daging sapi, daging babi, telur, hingga isian sushi yang disajikan seperti burger.

Di Venezuela bahkan ada restoran yang memadukan burger nasi dengan isian ikan tuna mentah, olahan kepiting dan potongan buah avokad yang manis. Lebih uniknya lagi, bumbu burger ini yang berupa bubuk cabai dan biji wijen ditaburkan di atas nasinya.


Di Jakarta, ada Burger Nase yang menawarkan nasi putih atau nasi merah sebagai pilihan. Bedanya, mereka merekomendasikan isian berupa daging ayam goreng yang telah dibalur tepung roti yang renyah.

Burger mie


Sama seperti nasi, mi juga memiliki rasa yang nyaris tawar. Karenanya mi menjadi salah satu bahan pengganti roti burger yang populer sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu tempat makan yang menyajikan burger mi adalah The Stacksburger. Restoran yang terletak di Kemang ini mengklaim diri sebagai burger mi olahan rumah pertama di Indonesia.

Di sini, mi yang telah direbus kemudian diolah kembali dan dicetak membentuk lingkaran, agar memudahkan disajikan. Daging giling olahan yang telah diberi bumbu kemudian ditumpuk di tengahnya, ditambah selada, tomat, disajikan dengan kentang goreng.


Saus barbecue yang manis gurih di dalamnya kemudian berpadu dengan bahan lain sehingga menciptakan sensasi baru menyantap mi dan burger sekaligus.

Comments

Popular posts from this blog

Philosophy of Borobudur

Mengajari bayi makan sendiri

Cegah bau apek pada pakaian saat musim hujan