Pusat kebugaran bisa jadi sarang penyakit

Vikka Style, Orang datang ke pusat kebugaran (gym) biasanya bertujuan agar tubuh lebih sehat, bugar dan segar dengan cara berolahraga. Tapi ternyata mereka bisa tertular penyakit di fitness center karena tempat ini ternyata menjadi sarang penyakit.

Persinggungan dengan orang lain dan keringat yang menetes bisa menyebabkan penularan berbagai penyakit misalnya flu dan infeksi kulit.

Sebuah studi yang dilakukan di University of California-Irvine mengungkapkan bahwa bakteri staphylococcus bisa bertahan di peralatan kebugaran dan bangku-bangku di tempat itu meskipun sudah disanitasi.

Bakteri ini kadang ditemukan pada permukaan kulit manusia atau di dalam hidung manusia yang sehat. Namun, jika bakteri ini masuk ke dalam aliran darah, kuman ini bisa menyebabkan komplikasi yang serius.

Bakteri staphylococcus bisa menyebar dengan mudah lewat luka yang terbuka. Jadi, semua luka harus ditutupi dengan seksama sebelum Anda melakukan latihan di dalam pusat kebugaran.

Bayangkanlah seorang anggota pusat kebugaran mengangkat beban ringan setelah dia memegang hidungnya yang kotor. Kemungkinan besar virus atau bakteri yang ada di dalam hidung orang itu kemudian akan berpindah ke orang lain.

Situs Men's Health bahkan menyebutkan bahwa alat-alat di pusat kebugaran sebenarnya lebih kotor daripada toilet. Dumbbell (sebuah beban kecil yang digunakan untuk melatih kebugaran) konon mengandung bakteri 362 kali lebih banyak daripada toilet.

Studi yang diterbitkn dalam Clinical Journal of Sports Medicine menyebutkan bahwa sekitar 63 persen peralatan di pusat kebugaran terjangkit rhinovirus, virus yang menyebabkan flu.

Persentuhan dengan aneka peralatan yang sudah terkontaminasi oleh virus itu akan menyebabkan virus flu berpindah dan menyebar ke orang lain dengan sangat cepat.

Untuk melindungi diri selama berlatih di pusat kebugaran umum, manfaatkan kertas tisu yang mengandung disinfektan. Selalu bersihkan permukaan peralatan kebugaran menggunakan tisu yang mengandung disinfektan itu sebelum dan sesudah berlatih. Anda juga harus mencuci tangan dengan sabun dan air bersih setelah berlatih di pusat kebugaran.

Selain virus penyebab flu, jamur kaki juga mampu berkembang dalam lingkungan yang hangat dan lembap seperti di kamar mandi pusat kebugaran.

"Cara paling mudah untuk melindungi diri adalah dengan mengenakan sandal di pusat kebugaran dan kamar mandi umum," ujar Marlene Reid, DPM, dari Illinois Podiatric Medical Association, seperti dikutip dari Parade.com.

"Pancuran air di kamar mandi pusat kebugaran biasanya lebih kotor akibat bakteri yang bersarang di dalamnya lebih banyak daripada yang ada di toilet. Toilet secara teratur diguyur air dan sering dibersihkan, tapi pancuran air jarang disanitasi atau bahkan tidak pernah dibersihkan sama sekali," ujar Philip Tierno, PhD, profesor mikrobiologi dan pathologi di N.Y.U. School of Medicine sekaligus pengarang buku The Secret Life of Germs.

Membawa botol dari rumah yang bisa dibuka menggunakan mulut (bukan dibuka menggunakan tangan yang mungkin terkontaminasi bakteri dan virus) adalah salah satu cara yang bisa digunakan agar terhindar dari penularan penyakit di pusat kebugaran. Sekali lagi, pastikan tangan dicuci menggunakan air bersih dan sabun dengan seksama.

Tempat lain yang bisa menjadi sarang penyakit adalah alas yang digunakan saat berlatih kebugaran. Matras yang digunakan oleh orang banyak seharusnya dibersihkan dan dibebaskan dari kuman.

Cara terbaik adalah selalu membawa sendiri matras yoga saat Anda berlatih kebugaran. Lantai fitness center adalah pusatnya berbagai penyebab penyakit seperti salmonella, staph, E. coli, yang bisa sewaktu-waktu berpindah dari lantai ke matras yang Anda gunakan.

Selain itu, kaus dan handuk yang basah oleh keringat juga bisa menjadi sumber penyakit. Bakteri dan virus yang ada di dalam kaus yang basah bisa berlipat ganda jumlahnya dalam 24 jam jika tidak segera dibersihkan. Segera masukkan kaus yang basah itu ke dalam kantong plastik dan pisahkan dari baju-baju lainnya setiba Anda di rumah.

Gym memang bisa menjadi sarang penyakit, tapi bukan berarti Anda harus menghindari tempat ini. Harus dicatat pula bahwa selama Anda berolahraga di tempat itu, kekebalan tubuh juga meningkat sehingga penyakit bisa dienyahkan dengan mudah.

Comments

Popular posts from this blog

Cara menegur bawahan yang sopan

Cara mendaftar di Quipper School/Quipper Video

Cara hemat kuota saat nonton video streaming