Memahami persahabatan lewat buku cerita


Vikka Style, Ajarkan anak arti persahabatan melalui buku cerita.

Ada banyak cara untuk membuat anak memahami arti persahabatan dan memiliki impian untuk masa depannya. Salah satunya adalah melalui buku cerita. Membaca buku cerita yang berisi pesan moral yang kuat secara tidak langsung bisa membuat anak terinspirasi.

Seperti buku cerita berjudul "Juki and Friends" : Wujudkan Mimpi. Buku dongeng Juki and Friends ini bercerita tentang sekumpulan hewan di Negari Cermin yang salah satunya bernama Juki, si jerapah periang.

Juki dikisahkan punya mimpi terbang mengelilingi Negeri Cermin yang indah, dan Juki ingin mewujudkan mimpi tersebut. Dalam buku cerita ini, bisa ditemukan juga cerita pertemanan Juki dengan tujuh karakter fiktif lainnya, yaitu, Risa (rusa yang ramah), Baya (buaya setia yang hobinya berenang dan bermain layangan), Untu (si penyu hijau yang penyabar dan selalu pandai menenangkan suasana), Tiki (si tikus pemurah), Elang (si burung penjelajah), dan Ciki (si ayam yang rajin).

Menurut penulis buku,  Salma Indria Rahma yang juga aktif di Rumah Pohon Activity, ada pesan yang ingin disampaikan melalui karakter positif para hewan yang menjadi teman dari Juki. "Anak kecil adalah peniru yang ulung. Selain itu, melalui cerita dongeng tersebut, Salma juga ingin anak-anak mewujudkan mimpi mereka," katanya.

Selain itu, Salma juga ingin kembali mempopulerkan kegiatan mendongeng sebagai salah satu cara mengatasi kecanduan anak-anak terhadap game elektronik dan tayangan sinetron. Melalui mendongeng, Salma berharap bisa menghidupkan kembali imajinasi anak-anak sehingga akhirnya bisa membuat cerita dongeng sendiri.

Buku yang berisikan sepuluh cerita ini mengajarkan budi pekerti, norma dan perilaku yang dibutuhkan anak-anak ketika bersosialisasi dalam masyarakat. Buku cerita ini nantinya akan dibagikan ke beberap rumah sakit, perpustakaan nasional, PAUD, rumah singgah yang ada di 10 kota di Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Philosophy of Borobudur

Mengajari bayi makan sendiri

Cegah bau apek pada pakaian saat musim hujan