Penyebab jerawat saat hamil

Vikka Style, Selain bentuk perut yang semakin membesar, perubahan yang juga dirasakan saat hamil adalah munculnya jerawat.


Munculnya jerawat selama masa kehamilan sering mengganggu. Apalagi untuk ibu hamil yang memiliki kulit wajah mulus, timbulnya jerawat bisa membuat rasa percaya diri menurun.

Menurut Dr Shantala Vadeyar, dokter spesialis kandungan dari Kokilaben Dhirubhai Ambani Hospital, Mumbai, dikutip thehealthsite kemunculan jerawat selama masa kehamilan merupakan hal yang wajar terjadi.

Sekitar 50 persen ibu hamil akan merasakan jerawat saat hamil. Penyebabnya, karena ketika hamil terjadi perubahan hormon yang meningkat dan memicu kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak atau sembum (kelenjar minyak) di kulit. Sebum ini jika bertemu dengan sel-sel mati, kotoran dan debu bisa mengakibatkan tertutupnya pori-pori kulit. Inilah yang membuat wajah berjerawat.

Namun, biasanya jerawat akan hilang seiring dengan makin bertambahnya usia kehamilan. Pada trimester kedua, ada peluang jerawat akan berangsur hilang. Tetapi pada beberapa ibu hamil, juga ada kemungkinan jerawat akan tetap muncul hingga masa persalinan. Tapi tenang, ibu hamil tidak perlu risau. Seperti ditulis healthandparenting, setelah beberapa minggu setelah melahirkan kulit akan kembali normal dan jerawat hilang.

Cara atasi

Agar jerawat tidak meradang, menurut Andrea Cambio, dokter spesialis kulit dari Flordia, langkah mudahnya adalah rajin mencuci wajah dua kali sehari. Terutama sebelum tidur malam, jangan lupa untuk membersihkan wajah dari pulasan tata rias. Hindari untuk menggosok wajah saat membersihkan tetapi usap dengan lembut. Tip dari Andrea Cambio bisa Anda praktikkan untuk Mengatasi masalah jerawat saat hamil.

Comments

Popular posts from this blog

Cara menegur bawahan yang sopan

Cara mendaftar di Quipper School/Quipper Video

Cara hemat kuota saat nonton video streaming