Berawal dari papan penggilas, ini sejarah munculnya mesin cuci

Vikka Style, Peralatan yang satu ini mungkin ada hampir di setiap rumah, tapi apakah Anda tahu bahwa mesin yang dapat meringankan pekerjaan rumah tangga ini berangkat hanya dari sebuah papan untuk mencuci secara manual?

Awalnya, mesin cuci berasal dari sebuah papan penggilasan (wash board) yang dibuat dari kayu pada tahun 1797 oleh Nathaniel Briggs dari New Hampshire.

Namun pada tahun 1851, James King membuat inovasi yang lebih baik lagi, yakni mesin cuci berbentuk tong drum. James menjadi orang Amerika yang menciptakan mesin cuci berbentuk tong drum. Drum pada mesin ini digunakan untuk menampung air selama proses mencuci.

Kemudian, tahun 1858 Hanilton Smith menciptakan mesin cuci putar pertama yang sudah menyerupai sistem kerja mesin cuci modern, namun masih dioperasikan secara manual dengan menggunakan tenaga tangan.

Mesin cuci listrik pertama di dunia bernama Thor yang diperkenalkan oleh Hurley Machine Company of Chicago, Illinois pada tahun 1908. Mesin cuci ini diciptakan oleh Alva J Fisher dan Thor yang sudah dilengkapi motor serta papan pemeras. Mesin ini kemudian dipatenkan pada 1910.

Dua puluh tahun setelahnya, muncul mesin cuci yang lebih canggih. Mesin cuci multifungsi yang dapat mencuci, membilas, dan memeras pakaian dalam satu proses diciptakan oleh John W. Chamberlain ditahun 1930. Mesin cuci ini merupakan awal mula mesin cuci modern.

Sedangkan, mesin cuci otomatis pertama diperkenalkan pertama kali pada tahun 1937 oleh Bendix Corporation. Walaupun sudah otomatis, mesin cuci ini masih memiliki kelemahan yakni harus dikaitkan atau dipantek pada lantai agar mesin tidak bergerak saat digunakan untuk mencuci.

General Electric memperkenalkan mesin cuci top loading pertama yang memiliki banyak fitur pada 1947. Setelah itu, teknologi mesin cuci terus berkembang hingga muncullah mesin cuci modern model front load (bukaan depan) yang dapat membersihkan pakaian lebih sempurna dan praktis dalam penggunaannya.

Comments

  1. berawal dari hal yang sederhana ya gan :D

    ReplyDelete
  2. berawal dari yang sederhana bisa menjadi mesin cuci, keren juga kang

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Popular posts from this blog

Philosophy of Borobudur

Mengajari bayi makan sendiri

Cegah bau apek pada pakaian saat musim hujan