Tip agar anak mudah berteman



Vikka Style, Tidak semua anak mudah untuk bergaul dan mendapatkan teman bermain. Tapi Anda dapat membantu anak mengatasi kendala ini.

Tentu Anda merasa senang kalau melihat anak dengan mudah berbaur dan bermain dengan temannya. Memang ada beberapa anak yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, namun tidak sedikit pula anak yang lambat menyesuaikan diri dengan situasi baru.

Menurut Dorothy Einon, dari  University College, sejak lahir anak memiliki karakter yang berbeda. Ada yang mudah melebur dan ada pula yang cenderung lebih suka menyendiri. Ada ada pemalu, ada anak periang.

Untuk membantu anak agar mudah beradaptasi dalam kehidupan bersosial baik di sekolah maupun di rumah, Anda bisa melakukan cara berikut ini.

Berikan waktu lebih banyak
Bila anak Anda yang duduk di prasekolah membutuhkan waktu lebih banyak untuk beradaptasi, maka cobalah untuk sampai di sekolah lebih awal. Hindari untuk tiba saat bel sekolah berbunyi. Ini akan membuat anak tidak memiliki kesempatan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan teman sekelasnya. Semakin pagi maka jumlah anak tiap kelompok masih sedikit dan semakin besar kemungkinan anak dapat bermain dalam kelompok yang lebih keci. Tip untuk Anda, aturlah pola tidur malam anak dengan menentukan jam tidurnya. Buatlah waktu tidur yang berkualitas sesuai dengan usianya.

Anak membutuhkan dukungan

Bersama anak lakukan pengamatan terhadap anak-anak lain. Amati siapa melakukan apa, siapa yang mencari teman untuk bermain. Cara ini akan mendorong kepekaan anak untuk mengetahui apakah masih ada teman bermain yang dicari. Dorong anak untuk memiliki motivasi untuk mau berbaur dengan teman-temannya. Misal, dengan mengatakan, "Apakah itu Dinda, teman sekolah mu yang tinggal beberapa rumah dari rumah kita? Mama dengar, Dinda punya ayunan di rumahnya. Yuk, kita main ke sana."

Undang teman bermain di rumah

Anda bisa mengundang beberapa anak untuk bermain di rumah. Sebaliknya, berikan kesempatan kepada anak untuk mengunjungi rumah temannya. Anak akan merasa percaya diri dan nyaman ketika Anda bisa mendampingi saat bermain di rumah atau berkunjung ke rumah teman. Secara tidak langsung Anda di waktu yang bersamaan sudah memberi contoh cara bergaul kepada anak. Momen ini bisa Anda manfaatkan untuk bertukar pengalaman dengan orang tua dari teman si anak.

Comments

Popular posts from this blog

Cara menegur bawahan yang sopan

Cara mendaftar di Quipper School/Quipper Video

Cara hemat kuota saat nonton video streaming