Tip agar bayi tidak merangkak mundur


Vikka Style,  Bayi mencari cara untuk merangkak dengan tenaga yang dianggap paling efisien.

Bayi mulai belajar merangkak pada usia 6-10 bulan. Menurut dokter anak Tanya Remer Altmann, editor "The Wonder Years: Helping Your Baby and Young Child Successfully Negotiate the Major Developmental Milestones" bayi akan mencari cara untuk merangkak dengan menggunakan tenaga yang dianggap paling efisien.

Ketika awal belajar merangkak tangan bayi lebih kuat dari kakinya, otomatis bayi akan mendorong dan merangkak mundur. Ini adalah hal yang normal dan tidak perlu dirisaukan berlebihan oleh para orang tua.

Ketika melihat bayi merangkak mundur, bukan juga dijadikan indikasi kalau bayi meloncati salah satu tahap pertumbuhan dan perkembangannya.

Stimulasi benda di depan anak




Umumnya seiring waktu dan bertambah usia, kaki bayi akan semakin kuat dan mulai belajar merangkak maju dengan sendirinya. Tapi, bayi juga perlu stimulus atau rangsangan untuk membuat mereka tertarik bergerak maju ke depan.

Caranya mudah, letakkanlah mainan atau boneka di depan bayi sedikit di luar jangkauannya. Pilihlah benda yang memiliki warna dan bentuk menarik perhatian bayi.  Biasanya bayi akan berusaha dan berjuang untuk menggapai mainan tersebut dengan bergerak maju ke depan.

Tip untuk orang tua, berikanlah waktu untuk bayi berusaha tanpa bantuan. Semakin keras usahanya untuk menggapai benda yang menarik mata bayi, maka akan membantu menguatkan otot-otot yang dibutuhkan untuk merangkak maju.

Comments

Popular posts from this blog

Philosophy of Borobudur

Mengajari bayi makan sendiri

Cegah bau apek pada pakaian saat musim hujan