5 alat rumah tangga yang harus dibersihkan setiap hari

Vikka Style, Berbagai benda rumah tangga setiap hari terkena kotoran. Ada yang memang harus dicuci segera setelah digunakan, misalnya alat-alat makan dan juga alat-alat masak.

Selain itu, ada pula yang harus dicuci setiap hari sekali agar benda-benda itu tetap bersih. Kebersihan benda-benda rumah tangga adalah cerminan kerajinan dan tanggung jawab pemiliknya.

Selain itu, kebersihan benda-benda ini juga tidak akan menularkan penyakit yang berbahaya bagi penghuni rumah.

Inilah lima benda-benda rumah tangga yang harus dicuci, dibersihkan setiap hari:

1. Tempat cuci piring

Inilah tempat yang paling kotor di rumah kita. Untunglah, biasanya tempat cuci piring mudah dibersihkan menggunakan sabun atau cairan yang dibuat dari air cuka. Sesekali, silakan tuangkan air panas untuk mematikan bakteri yang ada pada bagian yang tak terjangkau tangan dan sikat.

2. Lap tangan dan lap piring

Handuk mandi memang sebaiknya harus diganti setiap tiga kali pakai (catatan: bukan tiga hari) agar bakteri dan jamur tidak berakumulasi. Sementara itu, lap tangan yang biasanya digunakan untuk mengeringkan tangan harus dicuci setiap hari.

Menurut situs Food Protection, lap tangan dan lap piring di dapur mengandung banyak bakteri setelah sehari digunakan. Jadi, jangan lupa untuk mengganti lap tangan setiap hari dan mencucinya setelah digunakan.

3. Meja dapur

Di sinilah biasanya ibu rumah tangga mempersiapkan makanan. Namun, di sini pula biasanya mereka meletakkan tas belanja, kunci rumah dan aneka jenis barang tatkala masuk ke dapur. Bayangkan betapa kotornya meja dapur.

Oleh karena itulah meja dapur harus dibersihkan dari segala macam kotoran lebih dari satu kali dalam sehari.

Pastikan tidak ada kotoran, bakteri dan debu tidak meresap ke dalam meja dapur. Salah satu tanda meja dapur yang bersih adalah tidak ada bau aneh yang keluar dari permukaan meja.

4. Mesin pembuat kopi

Mesin pembuat kopi memiliki bagian-bagian yang bisa dilepaskan. Bagian itulah yang harus dibersihkan dengan saksama sehingga bakteri tidak berkembang biak di dalamnya.

Jika Anda sudah terbiasa membuat kopi lebih daripada sekali dalam sehari, kebersihan alat pembuatnya harus benar-benar diperhatikan. Jangan lupa untuk mengelap hingga kering sebelum alat itu digunakan kembali.

5. Dinding kamar mandi

Seperti halnya bagian dapur, dinding kamar mandi juga menjadi sumber berkembang biaknya bakteri. Banyak kotoran yang menempel di dinding kamar mandi sehingga harus dibersihkan agar kotoran tidak menempel lebih tebal.

Comments

Popular posts from this blog

Philosophy of Borobudur

Mengajari bayi makan sendiri

Cegah bau apek pada pakaian saat musim hujan