6 hal yang harus Anda lakukan pada hari Minggu

Vikka Style, Apa yang biasanya Anda lakukan pada hari Minggu? Tidur sampai siang, olahraga, membaca buku atau jalan-jalan dengan keluarga? Bagi sebagian besar orang akhir pekan atau hari Minggu adalah waktu untuk istirahat, waktu untuk mengisi ulang tubuh kita dengan energi.

Menurut Laura Vanderkam, penulis buku What the Most Successful People Do on the Weekend, para pekerja sukses menggunakan akhir pekan untuk bersantai dan istirahat. Ada tujuh hal yang biasanya mereka lakukan, di antaranya menghabiskan waktu dengan keluarga; olahraga; merenung dan tidak menatap perangkat layar elektronik, diwartakan Huffington Post.

Time melansir soal kebiasaan orang sukses dan terkenal pada akhir pekan. Bos Tesla dan SpaceX Elon Musk, misalnya, dia biasanya menghabiskan waktu dengan kelima anak laki-lakinya. Jack Dorsey, pendiri Twitter menghabiskan hari Sabtu dengan mendaki dan Minggu, biasanya dia merenung. Sedangkan pendiri Microsoft Bill Gates dia suka melihat anaknya berkuda dan berkontemplasi.

John Rampton seorang wirausahawan menulis di Inc.com tentang tip menghabiskan hari Minggu agar lebih produktif dan siap menghadapi Senin pagi.

1. Menghabiskan waktu sendirian

Anda memang perlu menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman, tapi jangan lupakan diri Anda sendiri. Anda perlu meluangkan waktu untuk sendiri. Mengapa? Karena Anda punya waktu untuk merenung, memikirkan apa yang Anda inginkan dan mengosongkan pikiran.

2. Melakukan yang Anda suka

Semua orang membutuhkan hobi. Dengan melakukan yang kita suka maka tubuh kita mendapatkan energi baru. Lakukan yang Anda suka, menulis, melukis, mendaki, bersepeda, berlari, membaca, memancing atau mungkin mewarnai yang sekarang lagi tren.

3. Olahraga

Manfaat olahraga sudah dibahas berkali-kali. Kesimpulannya: olahraga itu menyehatkan dan membuat tubuh bugar. Anda sebaiknya menyempatkan diri berolahraga pada hari Minggu. Olahraga apapun yang Anda suka, basket, sepak bola, bersepeda, atau mungkin ke pusat kebugaran. Anda bisa melakukannya bersama teman dan keluarga.

4. Sosialisasi

Bila sudah menyempatkan diri berkontemplasi, Anda sebaiknya juga berinteraksi dengan orang lain. Anda juga bisa mengikuti berbagai acara komunitas, seperti kerja bakti, lari 5K, atau datang ke festival seni.

5. Merawat


Merawat memiliki arti luas, Anda bisa merawat kendaraan, rumah atau tubuh. Merawat kendaraan, misalnya, membawa mobil atau motor Anda ke bengkel atau tempat cuci mobil. Merawat rumah, Anda bisa memotong rumput atau membersihkan kamar mandi. Sedangkan merawat diri, Anda bisa ke salon atau ke tempat pijat refleksi.

6. Membuat rencana

Nah, saat Minggu malam, ini saat yang tepat untuk membuat rencana pekan depan. Rencana rapat, menentukan tenggat waktu, mencatat tugas apa saja yang belum Anda selesaikan. Bahkan Anda bisa membuat hal-hal personal, seperti menu seminggu ke depan. Dengan membuat rencana akan menghemat waktu dan pikiran Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Cara menegur bawahan yang sopan

Cara mendaftar di Quipper School/Quipper Video

Cara hemat kuota saat nonton video streaming