Posisi tidur untuk kesehatan dan kecantikan

Vikka Style, Tidur sangat penting bagi manusia. Tidur bukan sekadar berbaring dan memejamkan mata. Posisi tidur pun perlu diperhatikan demi kesehatan.

Tidur yang cukup merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. Dengan tidur cukup kita bisa menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan, meningkatkan daya ingat dan meredam stres.

Agar pulas, kita tak cukup hanya memerhatikan waktu tidur. Posisi tidur juga dapat memengaruhi kesehatan dan kecantikan.

Saat tidur dengan posisi benar, maka saat bangun tak ada keluhan. Terutama yang berhubungan dengan sendi dan tulang.

Sebab, posisi tidur berdampak langsung pada tulang punggung kita. Jika tulang belakang terganggu dan terjadi koordinasi yang salah antara otak dan tubuh, masalah kronis dapat terjadi.

Prevention, menulis sebaiknya Anda mengenal beberapa posisi tidur serta efeknya bagi tubuh.

Menyamping

Positif: Tidur dengan posisi menghadap salah satu sisi, kanan atau kiri memberikan rasa nyaman. Selain itu, juga bisa melindungi otak. Posisi menyamping dianggap bisa mengatasi masalah mendengkur. Sebab, memberikan keleluasaan bernafas. Tidur dalam posisi ini juga membantu mencegah asam lambung naik.

Negatif: Sayangnya, tidur menyamping bisa mengakibatkan aliran darah dan fungsi saraf terhambat. Karena menindih salah satu lengan. Akibatnya Anda merasa tak nyaman ketika bangun.

Pakar kulit dan kecantikan Patricia Farris seperti dikutip dari laman Web MD juga tak menyarankan tidur menyamping. Karena ini bisa menimbulkan kerutan.

Anda disarankan untuk tidur dengan posisi terlentang. Ini lebih baik ketimbang tengkurap.

Sebab, posisi tengkurap atau menyamping dapat berpengaruh pada pembentukan kerutan pada wajah dan mata. Posisi ini bisa menimbulkan goresan atau garis yang membekas permanen pada kulit

Telentang tanpa ganjalan

Positif: Posisi tidur yang ideal adalah tidur dengan punggung atau telentang di alas tidur rata. Tanpa ganjalan. Posisi tidur seperti ini akan membantu masalah pencernaan. Keuntungan lainnya, wajah Anda akan terhindar dari kerutan di wajah ketika bangun pagi.

Negatif: Namun, posisi telentang tidak disarankan bagi Anda yang biasa mendengkur. Lebih baik menghindari posisi tersebut karena ada kecenderungan saluran udara di tenggorokan bisa terhambat saat tidur.

Meringkuk ala bayi

Positif: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berbaring dengan perut dapat membantu mencegah masalah mendengkur dan beberapa gejala apnea tidur.

Negatif: Posisi ini akan merusak bentuk kelengkungan punggung. Ditambah dengan kepala menghadap samping selama berjam-jam bisa berdampak buruk.

Comments

Popular posts from this blog

Cara menegur bawahan yang sopan

Cara mendaftar di Quipper School/Quipper Video

Cara hemat kuota saat nonton video streaming