4 bahaya duduk sambil menyilangkan kaki

Vikka Style, Kebiasaan yang sudah sering dilakukan memang sulit untuk diubah. Misalnya saja cara kita duduk. Sebagian orang, tanpa disadari, sering menyilangkan kaki saat duduk. Kaki kanan ditumpukkan di atas kaki kiri, atau sebaliknya, dengan alasan kesopanan dan kenyamanan.

Ternyata, di balik kenyamanan duduk sambil menyilangkan kaki, tersimpan berbagai dampak buruk yang bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh. Ini bukan hanya menyangkut kesehatan kaki, namun juga bisa menjalar ke tulang belakang dan leher.

Satu kaki yang yang diletakkan menumpuk di atas kaki lainnya ternyata memberikan tekanan-tekanan yang bisa merusak saraf. Selain itu, masih ada beberapa alasan mengapa menyilangkan kaki adalah kebiasaan buruk yang harus dihilangkan.

Vivian Eisenstadt, seorang terapis orthopedi fisik, mengatakan bahwa duduk sambil menyilangkan kaki akan membebani tulang belakang. Beban yang ditimpakan ke punggung saat orang duduk menyilangkan kaki disebabkan karena posisi pinggang yang sedikit bengkok.

Hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada panggul. Akibatnya, ada tekanan pada sepanjang tulang belakang yang berpotensi menyebabkan nyeri punggung dan sakit leher.

"Jika Anda berhari-hari duduk sambil menyilangkan kaki, jangan heran jika punggung dan leher Anda akan terasa nyeri," kata kepada Yahoo! Health.

Ada lagi masalah kesehatan yang juga antara lain disebabkan karena kebiasaan duduk sambil menyilangkan kaki, meskipun sebenarnya ada juga faktor keturunan yang memengaruhi.

Menurut Deirdre Mattina MD, dari American College of Cardiology, menyilangkan kaki menyebabkan tekanan darah meningkat secara temporer. Dokter seringkali meminta pasien untuk meluruskan kaki saat melakukan tes darah.

Mattina menjelaskan, sejauh ini tidak ada efek jangka panjang terhadap kesehatan jantung akibat menyilangkan kaki saat duduk. Meski demikian, Martina mengingatkan ada baiknya Anda mengkhawatirkan seberapa lama Anda duduk, ketimbang bagaimana cara Anda duduk.

"Pada dasarnya, semakin lama Anda duduk, semakin cepat Anda mati," ujar Mattina seperti dikutip Prevention.

Sementara itu Dr. Hooman Madyoon, seorang ahli jantung di Cedars Sinai Medical Center, mengatakan bahwa menyilangkan kaki meningkatkan tekanan pembuluh darah yang bertugas mengembalikan darah ke jantung.

Tekanan satu kaki menghambat aliran darah yang bisa melemahkan bahkan merusak pembuluh darah di kaki. Sehingga darah dapat berkumpul di kaki dan menyebabkan varises.

Namun pendapat ini ternyata belum terbukti. Satu pendapat mengatakan, varises bisa disebabkan faktor keturunan. Tetapi yang lain mengatakan menyilangkan kaki bisa merusak pembuluh darah sehingga terjadi kebocoran.

Tetapi, menyilangkan kaki ternyata juga punya manfaat, yakni cara sederhana menolong orang yang pingsan. Intinya adalah kemungkinan terjadi kerusakan masih ada, namun tidak begitu parah.

Risiko lain saat mempunyai kebiasaan duduk sambil menyilangkan kaki adalah tekanan pada saraf pereneal yang meningkat. Richard Gaves, seorang ahli penyakit kaki, menyebutkan bahwa saraf utama yang ada di kaki ini membujur di bawah lutut lalu menjalar ke sisi luar kaki.

Tekanan yang terjadi akibat kaki menumpuk ini bisa menyebabkan kebas atau mati rasa dan kelumpuhan sementara pada beberapa otot di kaki dan paha. Hal ini akhirnya bisa membuat Anda sulit mengangkat tumit.

Comments

Popular posts from this blog

Philosophy of Borobudur

Mengajari bayi makan sendiri

Cegah bau apek pada pakaian saat musim hujan