Tip tidur siang di kantor

Vikka Style, Tidur siang bukan berarti malas-malasan. Memejamkan mata dalam hitungan menit saja dapat meningkatkan kinerja kita.

Berikut kumpulan tip, praktik tidur siang di tempat kerja yang dapat Anda coba.

Cobalah dengan hati-hati
Sebelum terlelap, perlu kita ketahui, tak semua bisa dan terbiasa tidur siang. "Bagi sebagian orang, tidur siang sangat membantu, bagi orang lain ini malah bisa membuat sulit tidur di malam hari," demikian menurut National Sleep Foundation. Jadi cobalah dengan hati-hati.

Soal waktu dan durasi

Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah setelah santap siang. Peneliti di University of California telah membuktikannya lewat penelitian pada 2010.

Menurut mereka, tidur siang 90 menit dapat menjernihkan otak. Menghapus ingatan jangka pendek dari otak, menyediakan ruang untuk informasi baru.

"Ibaratnya, otak kita adalah kotak surel yang penuh. Selama kita belum tidur, kotak surat akan tetap penuh. Surel baru pun akan mental dan masuk ke tempat penyimpanan lain," kata ketua riset Matthew Walker.

Tentu kita tak selalu punya kemewahan tidur siang selama itu. Tapi tenang saja, tidur 5 hingga 20 menit pun bermanfaat bagi tubuh. Seperti dijelaskan Health Works Collective dalam infografiknya.

Tidur 10 hingga 20 menit akan meningkatkan energi dan kewaspadaan kita pada lingkungan sekitar. 60 menit dapat membantu kita mengingat informasi baru. Penting juga untuk menetapkan durasi tidur siang. Agar tak bablas, pasang alarm.

Bersiap tidur siang

Di barat banyak perusahaan sudah sadar manfaat tidur siang. Fasilitas pendukung pun tersedia. Di sini, mungkin belum banyak perusahaan seperti itu.

Namun setidaknya Anda bisa berusaha menemukan tempat dengan suasana tenang dan cahaya temaram. Misal di perpustakaan, ruang rapat kosong, atau di meja saat rekan kerja lain keluar untuk makan siang. Tidur dapat lebih lelap jika Anda menggunakan penutup mata dan telinga.

Menurut Buzzfeed, tubuh kita kehilangan panas saat tidur. Karena itu, selimut atau jaket sangat disarankan dalam ruangan berpendingin. Dengan demikian kita tak terbangun karena kedinginan. Sebagai pendukung suasana tidur, Anda bisa mengakses situs penyedia klip suara menenangkan seperti .

Asupan pendukung

Susu, almond, oatmeal dan ceri dapat mempermudah kita tidur. Jika Anda butuh sesuatu yang lebih dari itu, minumlah segelas kopi, lalu tidur. Kafein dalam tubuh butuh waktu 15 hingga 20 menit untuk bekerja. Setelah itu, Anda akan kembali berenergi.

Comments

Popular posts from this blog

Philosophy of Borobudur

Mengajari bayi makan sendiri

Cegah bau apek pada pakaian saat musim hujan