4 Aplikasi Online untuk Membuat Surat Lamaran Kerja yang Keren dan Unik

Vikka Style, Membuat surat lamaran kerja itu gampang-gampang sulit. Kalau kamu sudah punya banyak pengalaman kerja, hal ini akan menjadi mudah. Tapi bagaimana jika kamu tidak punya pengalaman kerja atau bisa dibilang baru saja lulus sekolah dan ingin langsung bekerja?

Kalau kamu ingin menciptakan kesan yang luar biasa untuk surat lamaran kerja, berikut ini ada beberapa aplikasi online yang bisa membantu kamu untuk membuat surat lamaran kerja yang keren dan unik. Sehingga perusahaan yang menerima lamaran kerja kamu akan terkesan.

VisualCV

VisualCV menawarkan tampilan yang cukup mudah digunakan. Ada banyak template surat lamaran kerja yang bisa kamu pilih, selain itu kamu juga bisa mengupload detail resume dari dokumen word atau kamu bisa mengisi data-data pribadi kamu secara manual. Sayangnya untuk versi gratis dari aplikasi web ini, surat lamaran kerja kamu akan berisi watermark dari VisualCV. Untuk menghilangkannya kamu harus membayar sebesar $12/perbulan.

Ada banyak contoh surat lamaran kerja yang disediakan VisualCV sehingga bisa menjadi referensi kamu ketika bingung harus dari mana memulainya. Ada yang berdasarkan perushaan, ada yang berdasarkan karir, dan masih banyak lainnya.

Meskipun kamu bisa mengisi resume dengan dokumen word yang kamu upload, aplikasi ini tidak cukup pintar untuk meletakkan informasi di tempat yang semestinya. Jadi lebih baik kamu mengisinya secara manual daripada harus mengatur data-data dari word tadi.

Canva

Kalau VisualCV menurut kamu minim editing dalam hal desain, mungkin Canva bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Disini tersedia lebih dari 30 template surat lamaran kerja, ditambah lagi kamu masih bisa mengedit sesuai dengan keinginan. Kamu bisa mengubah type font, ukuran font, background, menambahkan shape, icon, gambar dan masih banyak lagi.

Ketika kamu sudah membuat surat lamaran kerja, kamu bisa menjadikannya sebagai JPG, PNG atau PDF untuk mendownloadnya. Tapi ada beberapa desain yang harus kamu beli jika kamu menggunakannya, tapi banyak desain gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat surat lamaran kerja yang keren dan unik.

VisualizeMe

Masih ada lagi VisualizeMe, aplikasi online yang akan membantu kamu membuat surat lamaran kerja yang keren. Seperti namanya, kamu bisa membuat resume kerja secara visual, sehingga surat lamaran kerja kamu terlihat menarik. Pengalaman kerja, kelulusan, skill akan ditampilkan secara visual dengan demografi. Karena data yang ditampilkan menggunakan demografi, kamu bisa dengan mudah mengisinya. Selain itu ada banyak menu editing seperti font, warna, theme dan background.

Tapi tidak banyak perusahaan yang akan melihat surat lamaran kerja dari VisualizeMe, karena surat lamaran kerja seperti ini tidak lazim. Jadi kamu harus mencari perusahaan dengan model kreatifitas tinggi untuk bisa menggunakan surat lamaran kerja jenis ini. Selain itu kamu juga harus membayar untuk bisa mendownload file surat lamaran kerja yang dibuat menggunakan VisualizeMe.

CV Maker

Jika yang lainnya memiliki tampilan yang unik dan keren, CV Maker lebih menyajikan surat lamaran kerja yang simpel. Kamu juga harus memasukkan informasi pada surat lamaran kerja secara manual, dari pengalaman kerja, pendidikan, skill, dan sebagainya. Kalau kamu menggunakan versi gratis, ada 6 template surat lamaran kerja yang simpel. Tapi versi gratisnya bisa kamu download secara leluasa dalam bentuk PDF, HTML atau pun TXT.

Ada banyak aplikasi online yang bisa kamu gunakan untuk membuat surat lamaran kerja, tapi hanya beberapa yang mempermudah kamu dalam membuat surat lamaran kerja. Dari beberapa aplikasi web diatas, WinPoin merekomendasikan Canva karena banyak template yang bisa kamu gunakan dan juga mudah untuk diedit. Kalau kamu butuh yang simpel, maka coba gunakan CV Maker. Atau kamu punya aplikasi online lain untuk membuat surat lamaran kerja?

Comments

Popular posts from this blog

Philosophy of Borobudur

Mengajari bayi makan sendiri

Cegah bau apek pada pakaian saat musim hujan