Mengolah Terung

Terung mungkin kerap dijumpai di dapur masyarakat Indonesia. Namun teknik pengolahannya tak jauh dari balado.

Padahal ada banyak cara mengolah terung menjadi sajian lain yang tak kalah sedap dan menarik. Karena pada dasarnya terung adalah bahan makanan yang cukup serbaguna.

Secara ilmu botani terung tergolong buah-buahan, si ungu yang panjang dan lonjong ini merupakan keluarga dekat tomat. Pun demikian orang kerap menganggapnya sebagai sayuran.
Memilih terung

Sebelum bicara cara mengolah terung, dikutip Femina, sebaiknya Anda jeli memilihnya. Karena kualitas terung akan berpengaruh pada kualitas dan cita rasa masakan.
  •     Pilih terung berwarna cerah, tidak kecokelatan.
  •     Terung yang baik kulitnya rata, mengilap, tidak keriput.
  •     Terung ungu elastis saat ditekan perlahan. Sementara terung bulat keras.
  •     Tangkainya masih kehijauan dan tak mudah lepas.
  •     Ranti atau tekokaknya masih menempel pada ranting dan tangkai. Jika sudah lepas artinya terung  kurang segar.
Mempersiapkan terung

Terung biasanya menyisakan rasa pahit di mulut. Untuk menghindarinya, dijelaskan Good Housekeeping, begini cara mempersiapkan terung.

Pertama, potong kedua ujung terung.Anda bisa mengupas kulit, atau menggunakannya dalam masakan.

Potong dengan ketebalan sekitar satu sampai dua setengah centimeter. Letakkan di atas loyang yang sudah diberi alas tisu tebal.

Taburi masing-masing potongan terung dengan sejumput garam. Diamkan sekitar 20 menit.

Anda bisa mencucinya dengan air, atau cukup tepuk-tepuk permukaannya dengan tisu. Ini untuk menyeka sisa garam yang tak terserap.

Teknik mengolah terung
Finecooking melansir, terung harus dimasak sampai tingkat kematangan yang pas. Kurang matang sedikit saja, maka cita rasanya akan berbeda. Sementara terung yang matang sempurna akan terasa lembut, halus, dan creamy.

Panggang

Setelah terung siap diolah, oleskan potongan-potongannya dengan minyak. Panggang di atas api sedang sampai lembut dan matang merata.

Coba juga resep terung parmesan rollatini untuk cita rasa terung ala barat. Siapa sangka, perpaduan terung dan keju menghasilkan kelezatan yang tak biasa.

Bakar

Dengan terung berkulit, Anda bisa menusuknya ala sate dan panggang sampai kulitnya menghitam dan dagingnya melunak. Ini membutuhkan waktu kira-kira 15 sampai 20 menit.

Olah terung menjadi kudapan lezat dengan resep ini. Terung dipadankan dengan bawang bombai, keju, dan roti Prancis.

Tumis dan goreng

Sajian terung ala Jepang dan Tiongkok biasanya menggunakan teknik tumis. Terung dipotong dadu lalu ditumis bersama bumbu sampai matang.

Comments

Popular posts from this blog

Philosophy of Borobudur

Mengajari bayi makan sendiri

Cegah bau apek pada pakaian saat musim hujan