7 Alasan untuk minum kopi setiap hari


Banyak orang yang menganggap pagi belumlah sempurna jika belum menyeruput secangkir kopi. Kenikmatan meminum kopi nampaknya menjadi alasan utama orang untuk meneruskan kebiasaan ini. Tapi, selain karena alasan kenikmatan, minum kopi juga mempunyai sederet manfaat bagi kesehatan yang perlu kita tahu.

1. Kopi membuat gairah seksual tetap bergelora

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Texas Health Science Center di Houston, Amerika Serikat menemukan fakta bahwa lelaki yang minum 85 sampai 170 milligram kafein per hari ternyata 42 persen lebih rendah kemungkinannya untuk menderita disfungsi ereksi dibandingkan dengan lelaki yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

Lelaki yang menenggak 171 sampai 303 miligram kafein per hari terbukti 39 persen lebih rendah kemungkinannya terjangkit disfungsi ereksi.

Studi yang dilansir Metro.co.uk ini menggunakan data dari National Health and Nutrition Examination Survey menyimpulkan bahwa kafein membuat otot penis lebih relaks sehingga meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang lancar inilah yang akan membuat ereksi lebih kuat.

2. Aroma kopi bisa mengenyahkan stres

Mengapa aroma kopi begitu menggoda? Para ilmuwan di Seoul National University, seperti dikutip dari Standard.co.uk meneliti otak tikus yang mengalami stres karena kurang tdiur. Kemudian para peneliti menghadirkan aroma kopi ke hadapan tikus-tikus itu.

Ternyata, ada perubahan yang terjadi pada otak-otak tikus yang stres saat mereka menghirup aroma kopi. Meskipun belum terbukti bisa membantu memperingan stres secara umum, kopi bisa melawan gejala kelelahan yang sering membuat kesal.

3. Kopi bagus untuk hati Anda

Sebuah studi pada 2006 menemukan fakta bahwa minum kopi minimal satu gelas per hari akan menurunkan 20 persen risiko penyakit sirosis hati, yaitu kerusakan hati jangka panjang atau kronis yang menyebabkan luka pada hati. Perkembangan penyakit yang perlahan-lahan mengakibatkan jaringan sehat digantikan oleh jaringan rusak.

Arthur L Klatsky yang meneliti hal ini kepada The Guardian mengatakan,"Mengonsumsi kopi ternyata mempunyai manfaat perlindungan melawan sirosis alkoholik dan semakin banyak kopi yang dikonsumsi seseorang, semakin sedikit risiko yang mereka miliki untuk terjangkit sirosis alkoholik."

4. Kopi menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Semua manusia tentu tidak ingin menjadi tua. Dengan perkiraan jumlah penderita Alzheimer akan meningkat satu juta orang pada 2025 menurut Alzheimer's Society, kehilangan memori dan ketajaman berpikir merupakan ketakutan bagi banyak orang.

Tapi untunglah ada kopi. Berdasarkan studi yang diterbitkan di Journal of Alzheimer's Disease pada 2010, orang yang minum kopi tiga sampai lima gelas per hari akan menurunkan kemungkinan terkena penyakit Alzheimer hingga 65 persen di hari tuanya.

5. Kopi baik bagi olahragawan

Sebuah laporan yang diterbitkan di New York Times mengungkapkan bahwa minum kopi sebelum berolahraga justru akan meningkatkan performa atlet. Kopi akan meningkatkan asam lemak dalam aliran darah sehingga otot bisa menyerap atau membakar lemak lebih banyak sebagai energi untuk tubuh.

Bahkan atlet lari Inggris, Mo Farah, mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan The Guardian bahwa dia biasanya minum segelas kopi 20 menit sebelum lomba.

6. Kopi menurunkan risiko diabetes

Seperti pernah diwartakan oleh Beritagar.id (26/10/2015), para ilmuwan dari departemen Nutrition & Dietetics di Harokopio University, Athena, Yunani, menyebutkan dampak antiperadangan yang terkandung dalam kopi merupakan penyebab mengapa minuman ini menurunkan risiko penyakit diabetes.

7. Kopi bisa membantu membakar lemak

Tahukah Anda bahwa kafein nyaris selalu bisa ditemui di semua suplemen pembakar lemak. Alasannya adalah karena kafein merupakan salah satu zat alamiah yang sudah terbukti mampu membantu membakar lemak.

Beberapa studi menyebutkan bahwa kafein bisa meningkatkan metabolisme antara 3-11 persen. Studi lainnya menyebutkan bahwa kafein bisa meningkatkan pembakaran lemak hingga 10 persen pada orang yang gemuk dan 29 persen pada orang yang kurus.

Comments

  1. Saya suka ngopi tiap hari
    meski kopi murahan diwarung.
    kalo lagi BT ato gak bisa mikir, pasti larinya ke kopi

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Popular posts from this blog

Cara menegur bawahan yang sopan

Cara mendaftar di Quipper School/Quipper Video

Cara hemat kuota saat nonton video streaming