Siasat bila anak mogok makan



Vikka Style, Masalah anak sulit makan menjadi momok bagi kebanyakan ibu. Belum lagi kalau anak menolak hingga aksi mogok makan.

Anda bingung dengan tingkah laku anak yang melepeh dan menyembur makanan? Atau menutup mulutnya rapat. Ini masalah yang dialami banyak ibu yang memiliki anak usia bawah tiga tahun.

Babycenter melansir bahwa anak yang menolak makan karena masih merasa kenyang. Ingat, perut anak masih kecil sehingga porsi makan atau frekuensi makan berbeda. Jika anak menolak makan, sebaiknya jangan dipaksa. Tetapi coba lagi di lain waktu.

familyguideindonesia menulis ciri anak yang kenyang biasanya akan melakukan hal berikut.

  •     Menutup mulut ketika ditawarkan makanan
  •     Mengatakan "tidak" jika anak sudah bisa bicara
  •     Memutar kepalanya dan menjauh dari makanan
  •     Menolak menelan makanan atau melempehnya
  •     Menangis dan memberontak
  •     Muntah

Selain karena kenyang, ada beberapa penyebab yang perlu diketahui ketika anak menolak makan dengan gerakan menutup mulut. Seperti dilansir parenting, rasa bosan atau jenuh dengan menu makanan juga menjadi penyebab dari anak menolak makan. Cobalah untuk kreatif membuat menu makanan dan penyajiannya. Sebab, anak lebih tertarik dengan hal-hal yang baru, termasuk untuk sajian makanan yang dikonsumsinya.

Selain itu suasana ketika makan juga memengaruhi. Buat acara makan jadi menyenangkan untuknya. Jangan memaksa apalagi membentak anak saat ia tidak mau makan.

Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat anak mau makan dengan cara kreatif. Misal, mengajak anak ikut belanja di supermarket. Ketika memilih bahan makanan, biarkan anak untuk ikut serta. Buah dan sayur yang dipilihnya masukkan dalam keranjang belanjaan. Setibanya di rumah, libatkan anak untuk memasak bersama.

Memberikan contoh bagi anak-anak saat makan. Melalui kegiatan makan bersama membuat anak bisa melihat langsung dan mengikuti cara makan orang tua. Jangan lupa untuk memberikan pujian ketika anak tidak lagi melanjutkan aksi mogok makan dan akhirnya mau kembali makan. Ini akan menjadi motivasi bagi anak dan akhirnya aksi gerakan tutup mulut tidak lagi dilakukan.

Comments

Popular posts from this blog

Cara menegur bawahan yang sopan

Cara mendaftar di Quipper School/Quipper Video

Cara hemat kuota saat nonton video streaming