6 langkah tepat menyikat gigi

Vikka Style, Menyikat gigi minimal dua kali sehari adalah wajib. Namun tidak semua orang yang rutin membersihkan gigi tahu cara menyikat gigi yang tepat.

Kalau soal teknik, sebuah penelitian terbaru yang dipaparkan British Dental Journal mengungkap bawah dokter gigi pun memiliki pendapat yang berbeda tentang teknik menyikat gigi.

Untuk itu, menurut Mary Hayes, DDS, dokter gigi anak di Chicago dan juru bicara The American Dental Association, teknik membersihkan gigi yang efektif adalah dengan berkonsultasi ke dokter gigi. Cek dulu kondisi gigi.

Karena tanpa disadari kebiasaan Anda kerap melakukan kesalahan ketika menyikat gigi.

Efek buruk dari kebiasaan menyikat gigi selama dua menit, bukan menjadikan gigi sehat dan bersih. Tetapi membuat gusi luka atau sakit gigi yang bisa mengganggu aktivitas.

6 langkah menyikat gigi yang tepat berikut bisa membuat Anda tersenyum cemerlang. Kesehatan gigi dan gusi pun terlindungi.

1. Penggunaan benang gigi

Mulailah dengan membersihkan gigi menggunakan benang gigi (flossing) sebelum menyikat gigi. Menurut Steven Davidowitz, dokter gigi dari New York, pemakaian benang gigi akan membantu mengangkat bakteri penyebab karang gigi.

"Bulu sikat tidak dapat mencapai setiap celah antara gigi. Penggunaan benang gigi sehari sekali perlu dijadikan kebiasaan dalam rutinitas membersikan gigi," kata Stevan.

2. Dua jari

Menggenggam sikat gigi erat dengan kepalan tangan dapat menyebabkan Anda menggosok gigi terlalu keras. Ini dapat merusak gusi dan email gigi. Hal ini dikatakan oleh kata Sivan Finkel, DMD, seorang dokter gigi di New York City.

Saran untuk Anda, pegang sikat dengan dua jari. Dan posisikan saat menyikat gigi pada sudut 45 derajat. Ingat ketika menggosok gigi jangan melakukannya dengan cepat. Jangan pula melakukan tekanan yang berlebihan pada gusi.

3. Bersihkan seluruh bagian gigi

Tentu lebih mudah untuk menyikat gigi di bagian yang mudah terjangkau. Yaitu di gigi bagian depan. Saran dari Brian Novy, DDS, dokter gigi di DentaQuest Institut, Anda harus juga fokus membersihkan gigi di bagian belakang, yang memang cukup sulit dibersihkan.

Nova menulis, berdasarkan data yang diungkap dalam British Journal tahun 2000, sebanyak 85 persen masalah gigi berlubang ditemukan pada gigi bagian belakang.

4. Sikat gigi sebelum minum kopi

Jika Anda memulai hari dengan minum kopi, sebaiknya mulailah dengan menyikat gigi. Karena sifat minuman yang asam dapat melemahkan enamel gigi.

Menyikat gigi setelah minum kopi malah akan merusak permukaan gigi. Sebaiknya berikan jeda 30 menit, setelah minum kopi sebelum Anda menyikat gigi.

5. Pasta gigi mengandung fluoride

Menurut sebuah studi Swedia baru-baru, pasta gigi fluoride yang tinggi meninggalkan konsentrasi yang lebih tinggi fluoride dalam plak dan air liur dari pasta gigi standar.

Jadi, pastikan Anda memilih pasta gigi yang mengandung fluoride. Karena fluoride membuat enamel gigi semakin kuat dan meminimalisir kemungkinan rusak akibat asam.

6. Campurkan baking soda

Campuran 1/4 sendok teh baking soda dan 226 gram air, akan membantu untuk menetralkan mulut setelah makan asam atau minuman.

Comments

Popular posts from this blog

Cara menegur bawahan yang sopan

Cara mendaftar di Quipper School/Quipper Video

Cara hemat kuota saat nonton video streaming