Mengolah dada ayam sehat nan lezat

Vikka Style, Dada ayam adalah pilihan protein sehat, rendah lemak dan rendah kalori. Mengolahnya pun relatif mudah.

Memilih ayam

Memilih daging ayam sehat perlu sedikit ketelitian. Simak tip dari Kementerian Pertanian RI yang dilansir Sinar Harapan berikut.

  • Warna putih kekuningan cerah
  • Kulit ayam mengilat dan bersih, warnanya cerah
  • Bila disentuh, daging lembap dan tidak lengket
  • Baunya tak amis atau menyengat
  • Konsistensi otot dada kenyal, elastis tidak lembek

Lebih baik lagi jika Anda bisa menggunakan daging ayam organik, atau ayam kampung sebagai bahan masakan.

Nutrisi

Jika Anda menyertakan kulit ayam, lemaknya bertambah enam kali lipat. "Tubuh kita butuh lemak dalam pola makan, tetapi ada banyak makanan lain yang lebih baik daripada kulit ayam," kata Jennifer McDaniel, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics dikutip Kompas.

Untuk mendapatkan nutrisi lebih baik, Live Strong menyarankan Anda mengonsumsi sekitar 100 gram dada ayam tanpa kulit.

Ini mengandung 31 gram protein, atau 2/3 dari kebutuhan protein perempuan per hari yang jumlahnya 46 gram. Serta 55 persen dari 56 gram jumlah protein yang dibutuhkan pria setiap hari.

Dada ayam juga merupakan sumber zat besi yang baik, mineral yang membantu memproduksi energi dan niacin, vitamin yang penting untuk mengubah makanan menjadi energi.

Untuk menjaganya tetap rendah lemak dan kalori, tambahkan bahan lain dengan hati-hati.

Membaluri dada ayam dengan saus akan meningkatkan kandungan sodium secara siginifikan. Sama halnya jika Anda melumurinya dengan mentega. Beberapa gram lemak jenuh akan bertambah pada dada ayam.

Lebih baik Anda memilih minyak zaitun yang baik untuk jantung, sekaligus menambah cita rasa. Tak lupa rempah yang kaya nutrisi namun bersodium rendah.

Mengolah dada ayam

Penulis resep Hiang Marahimin punya resep yang mudah dicoba di rumah, yakni ayam kukus saus jahe pedas.

Olesi dada ayam dengan minyak, taburi daun bawang lalu kukus. Untuk sausnya, cincang setengah jahe, daun bawang, tambahkan satu sendok makan kecap asin, setengah sendok teh minyak cabai, setengah sendok teh minyak wijen, 60 mililiter minyak jagung.

Selain itu, Anda juga bisa merebus dada ayam untuk pendamping saat makan salad. WikiHow menawarkan panduannya berikut. Anda hanya butuh tambahan bawang bombai, seledri dan kaldu serta garam merica.

Sementara untuk pilihan yang lebih lezat --namun tidak lebih sehat--, Anda bisa menengok 4 resep dari Buzzfeed. Memadukan dada ayam dengan keju, tomat, sayur mayur, madu dan bahan lain.




Comments

Popular posts from this blog

Philosophy of Borobudur

Mengajari bayi makan sendiri

Cegah bau apek pada pakaian saat musim hujan