Makanan yang membuat makin lapar


Semua orang bisa merasakan lapar. Untuk mengatasinya, orang harus makan. Tapi apa jadinya kalau sudah makan tetapi tetap merasa lapar?

Penyebabnya adalah ketika Anda saat mengonsumsi makanan tertentu malah cenderung tidak membuat kenyang. Tapi sebaliknya, Anda akan tetap merasa lapar.

Tidak percaya? Perhatikan saat Anda makan keripik. Habis satu mangkuk keripik tak lama kemudian Anda akan tetap mencari makanan lain untuk membuat perut kenyang.

Perasaan lapar yang terus dirasakan, menurut Dr Belinda Lennerz, seorang ahli endokrinologi dan peneliti di Rumah Sakit Anak Boston dan Harvard Medical School, bukan soal makanan itu dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Tetapi setiap gigitan makan ringan akan mengaktifkan bagian otak Anda yang mendorong rasa lapar.

"Indra penglihatan, penciuman, atau rasa makanan akan memicu respons otak yang kemudian mengacu pada berbagai proses usus. Pada saat yang bersamaan ketika menggigit camilan akan membuat seseorang tidak puas. Lalu timbul keinginan untuk mengonsumsi lebih banyak lagi untuk mengulang rasa serta aroma serta sensasi dari makanan yang dimakan," kata Lennerz.

Time menulis sejumlah makanan yang jika dikonsumsi justru akan mendorong rasa lapar makin bertambah.

Kentang dan roti

Keripik kentang adalah karbohidrat olahan. Ketika Anda menelan karbohidrat olahan, maka kadar gula darah akan melonjak.

Menurut Dr David Ludwig, seorang profesor nutrisi di Harvard, karbohidrat olahan bisa menyebabkan energi terkunci sehingga Anda akan kelaparan.

Begitu pun juga dengan makan kerupuk dan roti yang akan membuat nafsu makan meningkat. Roti putih memiliki indeks glikemik tinggi, yang berarti mereka cepat dicerna dan diubah menjadi gula, menyebabkan tubuh Anda melepaskan insulin.

Sebuah tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology menemukan bahwa peningkatan insulin berhubungan dengan meningkatnya rasa lapar.

Makanan dengan pemanis

Makanan dengan pemanis memang bisa membuat kita kenyang seketika, namun rasa kenyang itu hanya bertahan sementara. Beberapa saat kemudian, rasa kenyang itu akan hilang dan berganti dengan rasa lapar yang semakin besar.

Dalam studi yang dilakukan Yale University School of Medicine, ketika Anda menelan makanan manis seperti kue atau makanan manis, secara khusus, bagian otak -- thalamus, hipotalamus, dan insula -- semua bagian yang mendorong Anda untuk makan dan bersantai akan aktif.

"Singkatnya, otak akan memberitahu bahwa tidak ada rasa kenyang. Sehingga ada dorongan untuk makan lebih banyak sampai merasa puas, " kata Dr Robert Lustig, seorang peneliti gula dan endokrinologi pediatrik di University of California, San Francisco.

Makanan rendah lemak dan yoghurt

Seporsi yoghurt tidak akan membuat Anda kenyang, bahkan untuk yang rendah lemak. Hal ini disebabkan varietas rendah lemak juga cenderung dikemas dengan gula dan lainnya karbohidrat olahan yang mendorong rasa lapar.

Soda diet

Memilih minum soda diet ternyata tidak berpengaruh pada berat badan dan metabolisme. Dan penelitian terbaru dari tim Australia menemukan, ketika pemanis buatan mengenai lidah Anda, maka ada bagian otak Anda yang akan aktif dan mengirimkan sinyal untuk usus yang mengharapkan beberapa energi.

Akibanya ketika asupan kalori tidak pernah tercukupi, otak Anda akan memerintahkan mulut Anda untuk mengonsumsi lebih banyak makanan.

Comments

Popular posts from this blog

Cara menegur bawahan yang sopan

Cara mendaftar di Quipper School/Quipper Video

Cara hemat kuota saat nonton video streaming